Rabu, 08 Februari 2017

Cepat menghafal rumus Hukum Ohm

              suatu pernyataan bahwa besar arus listrik yang mengalir melalui sebuah penghantar selalu berbanding lurus dengan beda potensial yang diterapkan kepadanya itulah bunyi hukum ohm.

              hukum ohm terdiri dari Arus, Tegangan, serta hambatan dari ketiga unsur inilah terdapat suatu rumus yang dinamakan rumus hukum ohm.




          Terkadang bila kita mengingat rumus sulit sulit gampang, kadangkala untuk mengingatnya kita pun harus membuka gadget serta buku untuk mengingat suatu rumus. Dalam artikel ini saya tidak akan menjelaskan lagi apa itu arus, tegangan, dan hambatan karena hal itu sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yaitu dalam Pemahaman Sederhana Sistem Kelistrikan dan khusus untuk membahas bagaimana cara tersepat agar mengingat rumus hukum ohm.



Segitiga Rumus Hukum Ohm
          Ingat saja pada gambar segitiga rumus hukum ohm V I R, dimana V= Voltage, I = Ampere, R= Resistance. Pada gambar diatas memperlihatkan V pada bagian atas sementara R dan I pada bagian bawah Anggap saja jika V kita tutup dengan menggunakan tangan pada layar anda dan hasilnya akan menjadi R dan I yang bisa dikatakan I x R itulah rumus untuk mencari V, Jika mencari R sama seperti tadi caranya menutup huruf R dengan tangan tinggallah V dan I yang artinya menjadi V : I itulah rumus mencari R. Sedangkan mencari I tinggal kita tutup dengan tangan hasilnya adalah tinggal V dan R sehingga V : R itulah cara mencari rumus I. Sebagai ilustrasi simak gambar dibawah ini 
Ilustrasi rumus hukum Ohm
          Mudah bukan untuk mengingat rumus hukum Ohm tinggal bikin segitiga dan tempatkan simbol rumus pada masing masing kotak. konklusinya adalah belajar itu tidak susah bila susah buatlah sesederhana mungkin untuk memahaminya, sekian terima kasih atas para pembaca semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar